Tuesday, March 20, 2012

4 Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Traveller

Bagi para traveller atau yang hobi berpergian khususnya dengan pesawat, rasanya wajib mendownload beberapa aplikasi penting ke dalam smartphone Anda. Menurut Anne Banas, executive editor dari salah satu situs travel terkenal, sedikitnya ada empat aplikasi smartphone yang wajib dimiliki traveller.

"Beberapa aplikasi tertentu bisa membuat agenda bepergian jadi lebih lancar dan mudah. Anda kan tidak selalu punya waktu untuk berhenti dan mengecek laptop, tapi dengan tablet atau smartphone Anda bisa memeriksa status penerbangan pesawat atau kondisi lainnya dengan cepat," ungkap Anne.

Aplikasi apa saja yang harus ada di smartphone Anda untuk bepergian? Ini empat aplikasi wajib bagi traveller, seperti dikutip dari Galtime.

1. Flyer Rights
Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi penting terkait hak-hak Anda sebagai pengguna jasa penerbangan komersial. Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika pesawat delay sementara Anda harus segera berangkat. Gunakan aplikasi ini untuk mempelajari apa yang harus dilakukan ketika perjalanan terhambat karena masalah administrasi, siapa yang harus dihubungi dan bagaimana mengajukan komplain jika hak-hak Anda sebagai konsumen diabaikan.

Fitur-fitur utama dalam Flyer Rights adalah memberikan akses yang cepat dan mudah untuk mengetahui lokasi informasi saat ada kendala di pengurusan penerbangan. Aplikasi ini juga selalu meng-update kebijakan dan aturan-aturan baru dalam penerbangan setiap tahunnya. Bisa diunduh lewat iTunes dengan harga $0,99.

2. Next Flight
Jika Anda takut ketinggalan jadwal keberangkatan pesawat dan ingin melihat apakah ada penerbangan lain yang bisa dikejar, aplikasi ini sangat berguna untuk itu. Next Flight memungkinkan Anda untuk mencari alternatif penerbangan ketika pesawat harus dibatalkan, delay dan sebagainya.

Aplikasi ini bisa mencari penerbangan yang tersedia dari semua penyedia pesawat dan airport di seluruh dunia. Setelah memasukkan informasi mengenai asal negara, destinasi dan tanggal keberangkatan, aplikasi akan mendata semua penerbangan yang tersedia untuk tanggal yang dimaksud, termasuk informasi mengenai jadwal keberangkatan dan kedatangan. Anda juga bisa mengakses informasi mengenai terminal dan gate dimana Anda harus masuk atau keluar. Aplikasi ini tersedia untuk iPhone, iPad dan Android, bisa didownload melalui Touchmeme.

3. Sky Scanner
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memesan tiket langsung dari situs penerbangan resmi, dan melihat daftar destinasi serta harga-harganya. Misalnya, apakah biayanya akan lebih murah jika memesan one way atau round trip. Dengan memesan langsung dari website penerbangan resmi, Anda bisa menghindari biaya tambahan dari agensi travel online. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui situs resminya, skyscanner.co.id.

4. JetBlue Everywhere
Anda bisa melakukan booking tiket ke destinasi favorit, membuat jadwal perjalanan, menerima update terbaru tentang informasi penerbangan yang muncul dengan notifikasi serta mengeset pengingat untuk jadwal penerbangan. Anda juga bisa men-share rencana travelling dengan orang-orang terdekat serta mengetahui tempat-tempat wisata favorit di negara kunjungan dengan fitur City Guide.

0 comments:

Post a Comment