Wednesday, December 14, 2011

Dokumen Pendirian Apple Dilelang, Raup Rp 14,5 Miliar

Sekilas, lembaran-lembaran kertas itu tampak sederhana. Hanya sebuah dokumen yang diketik dengan mesin tik dan dibubuhi tiga tanda tangan di bawahnya.

Tapi tiga tanda tangan itulah yang membuatnya berharga. Ketiga tanda tangan itu mencantumkan nama Steve Wozniak, Steve Jobs dan Ronald Wayne, ketiga pendiri Apple Inc. Esensi dokumen itu juga istimewa. Itulah dokumen pendirian Apple Computer (kini Apple Inc.) pada 1976.

Dokumen tersebut dilelang oleh balai lelang Sotheby's di New York. Hasilnya, ia terjual seharga 1,59 juta dollar AS (atau sekitar Rp 14,5 miliar lebih). Pembelinya adalah Eduardo Cisneros, pebisnis dari AS.

Kontrak itu ditandatangani oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada tanggal 1 April 1976. Wayne adalah pendiri Apple yang kemudian keluar hanya sebelas hari setelah kontrak itu.

Dokumen tersebut tadinya dimiliki oleh Wayne, yang kemudian menjualnya ke pebisnis di AS. Kini dokumen itu dilelang melalui Sotheby's.

Selain pendirian Apple, termasuk juga di dalamnya adalah dokumen pengunduran diri Wayne dari Apple Computer. Wayne mengundurkan diri dengan menjual sahamnya, 10 persen dari saham Apple.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg tanggal 7 Oktober 2011, Wayne (77) menyebut Wozniak dan Jobs "raksasa intelektual". Ia merasa bahwa hidup bersama mereka akan menjadi seperti bermain roller coaster yang menegangkan. "Jika aku terus bersama mereka, aku akan berakhir sebagai orang kaya di kuburan," ungkapnya.

Sumber : AFP/Bloomberg

0 comments:

Post a Comment